Selasa, 22 November 2016

10 Fakta Unik Tentang Ayam Kalkun

Kalkun atau ayam kalkun merupakan sebutan untuk 2 spesies burung yang berukuran besar.

Biasanya, kalkun betina memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan warna bulunya kurang berwarna-warni apabila dibandingkan dengan kalkun jantan.

Lantas, berikut ini fakta unik dari ayam kalkun.

Fakta Unik Ayam Kalkun

Kalkun


1. Kalkun liar jantan dewasa mempunyai bulu yang menonjol, yang mana menyerupai seperti jenggot hingga ke bawah bagian dada milik mereka. Jenggot ini menariknya mampu tumbuh hingga 9 sampai 18 inch panjangnya. Tidak ada yang tahu akan kegunaan dari jenggot ini.

2. Suara kalkun (gobbles) ternyata bisa didengar hingga lebih dari 1 (satu) mil jauh jaraknya.

3. Kalkun jantan (yang bisa disebut dengan nama gobbler atau tom) serta kalkun betina (yang disebut dengan nama hen) mempunyai caruncles, seperti pertumbuhan yang ada di wilayah tenggorokan yang bisa berubah menjadi berwarna merah terang saat kalkun sedang dalam kondisi bingung ataupun tengah mencari pasangan.

4. Kalkun jantan dan juga kalkun betina mempunyai pial, (lipatan kulit yang menggantung pada paruh mereka). Pial pada kalkun jantan lebih besar dibandingkan dengan betina, bisa berubah menjadi merah terang saat kalkun marah atau sedang memperebutkan pasangannya.

5. Kalkun liar biasanya lebih gemar bertengger di pohon saat malam hari.

6. Kalkun jantan biasanya sering melakukan gerakan-gerakan dengan cara menggetarkan bulu-bulu miliknya dengan berlari-lari. Gerakan inilah yang menjadi salah satu ritual untuk mereka dalam upayanya bisa menarik kalkun betina.

7. Kalkun liar mampu terbang dengan baik. Banyak dari tulang mereka, termasuk juga tengkorak, mudah diisi dengan udara, sehingga kalkun bisa menjadi ringan saat terbang. Rangka mereka hanya sekitar 5% saja dari berat badannya. Sementara itu, jika di sisi lain, kalkun yang telah dijinakkan memang sengaja dibesarkan agar bisa menjadi burung yang mempunyai bobot, yang dipersiapkan untuk disantap. Pada umumnya, jika kalkun yang seperti ini tak bisa terbang.

8. Bahkan, kalkun liar pernah tercatat bisa terbang hingga secepat 55 mil per jam.

9. Bisa dikatakan, setidaknya ada 15 vokalisasi kalkun liar.

10. Semua bulu ekor tom dewasa mempunyai panjang yang sama, sekitar 12 inch. Bulu-bulu kalkun jantan dewasa ini membentuk pusat di ekor (untuk tom muda biasanya disebut dengan nama jakes), yang biasanya lebih panjang dari sisa bulu yang ada di bagian ekor.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top