Selasa, 18 April 2017

Dampak Teknologi pada Bisnis Internasional

Dampak Teknologi pada Bisnis Internasional - Efek dari dengan adanya terobosan teknologi dalam aspek globalisasi, mampu menciptakan transformasi yang cukup besar dalam cara perusahaan dan industri mengatur produksi mereka. Mulai dari barang yang diperdagangkan, investasi modal dan mengembangkan produk baru, jasa dan proses.

Secara khusus, teknologi informasi dan sistem informasi telah menjadi komponen kunci dalam sebagian besar industri negara berkembang dan negara maju, sebagai salah satu strategi bisnis global dengan memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan memproses informasi dalam bentuk digital.

Bisnis

Setiap bisnis global yang sukses, pasti akan mempunyai teknologi informasi dan sistem informasi yang bagus dalam menunjang perkembangan perusahaan mereka untuk memiliki jaringan yang lebih banyak. Teknologi ini sendiri termasuk komputer, smartphone, hardware, software dan kecerdasan buatan.

Mereka menyediakan beragam sarana untuk melakukan akses sistem informasi dari negara lain dengan mudah untuk berkomunikasi, sementara juga meningkatkan suatu kemampuan bisnis dalam mengumpulkan berbagai data dan mengejar potensi ekonomi mereka.

Dengan mulai diperkenalkannya internet dan alat yang berbasis internet, cara orang berbagi informasi dan melakukan komunikasi secara global sudah jauh lebih mudah dari tahun-tahun sebelumnya.

Maka dari itu, hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) telah memainkan peran yang cukup penting dalam globalisasi, dalam menghubungkan orang-orang dan sistem yang ada di seluruh dunia. Dengan meningkatnya teknologi kecerdasan buatan, maka ada pula sistem komputer yang mampu melakukan tugas manusia secara normal.

Hal tersebut seperti persepsi visual, pengenalan suara, mengambil keputusan hingga menerjemahkan bahasa. Dengan keterampilan yang ditanamkan dalam komputer, cukup mudah dalam melanjutkan ekspansi jauh ke luar negeri dalam berbagai macam cara yang berbeda-beda.

Sebuah sistem komputer yang mempunyai persepsi visual, pengenalan suara dan keterampilan dalam mengambil keputusan bisa membantu menunjang perusahaan dalam menghemat waktu dan menghemat uang dengan memperluasnya, tanpa menggunakan pelatihan terhadap kebanyakan karyawan.

Hal ini tentu membuat bisnis jauh lebih mudah dalam dikembangkan karena memang manusia itu sejatinya juga mengalami banyak masalah, seperti hambatan dalam bahasa. Dengan sistem yang dibentuk ini, bisa menjawab pertanyaan spesifik yang berkaitan dengan lokasi dengan perencanaan ke depan secara sistematis dan melakukan tugas analisis.

Sementara itu, fungsi ini bisa cukup menguntungkan, terjemahan antar bahasa bisa sangat membantu saat strategi global perusahaan di bagian yang berbeda, yang mana sulit untuk berbicara dalam bahasa yang beda.

Saat sebuah perusahaan atau industri di sektor bisnis global, komunikasi yang cepat dan bisa diandalkan menjadi salah satu kunci untuk menjalankan bisnis yang jauh lebih baik di luar negeri. Karena dengan masuknya era teknologi informasi yang baru, perangkat layaknya smartphone, jaringan, dan personal computer (PC) mempunyai pengaruh yang amat besar dalam kemajuan globalisasi.

Kemajuan ini juga memungkinkan bagi perusahaan maupun industri untuk berkomunikasi secara lebih banyak dari yang sebelumnya, dengan tujuan membuat bisnis menjadi lebih jauh ekspansinya dan mudah diakses tanpa harus khawatir dengan jarak, waktu atau lokasi.

Aplikasi pesan instan, email, hingga panggilan di smartphone memungkinkan karyawan untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa terbatas oleh ruang dan waktu, sehingga bisnis bisa berjalan secara lebih efisien dan efektif.

Memang, tujuan dari teknologi informasi itu sendiri untuk membuat infrastruktur yang jauh lebih terintegrasi secara global, tersedia informasi secara elektronik, yang mampu menghubungkan seluruh rantai pasokan mereka, mulai dari penjualan, produksi dan proses pengiriman menjadi satu aliran informasi tanpa terbatas oleh ruang dan waktu, dengan bisa dikendalikan secara real-time dari mana saja.

Teknologi informasi yang jauh lebih canggih membuat globalisasi bisa menghasilkan bisnis global yang jauh lebih kompetitif. Dengan teknologi informasi dan sistem informasi, menjadi kekuatan pendorong globalisasi dan akan terus menghubungkan orang dan bisnis dalam menyediakan produk beserta dengan layanan kepada pelanggan yang ada di seluruh dunia.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top