Minggu, 23 April 2017

Perbedaan Gula Tebu dan Gula Kelapa

Perbedaan Gula Tebu dan Gula Kelapa - Gula memang sering ditambahkan ke dalam minuman atau makanan sehari-hari. Rasa gula yang manis membuat orang banyak yang suka.

Akan tetapi, apakah sebelumnya Anda pernah dengar gula kelapa? Jika belum tahu, mari kita bahas lebih lanjut mengenai gula kelapa ini.

Gula kelapa merupakan pemanis alami yang diekstraksi dari getah pohon kelapa. Proses pengumpulan pemanis ini terutama meliputi pemotongan dan pengompresan bunga pohon.

Cairan yang dikumpulkan dari bunga atau biasa dikenal dengan nama getah, berjalan di bawah proses penguapan yang ekstrem. Produk yang tertinggal setelah penguapan berlangsung, itulah yang dikenal sebagai gula kelapa.

Gula Kelapa
Gula Kelapa, via republika.co.id

Gula kelapa juga biasa dikenal dengan nama Gula Kelapa Sawit, Gula Coco atau Gula Kelapa Organik.

Nah, setelah mengetahui apa itu gula kelapa, selanjutnya kita akan membandingkannya dengan gula biasa yang kita konsumsi.

Mengapa Gula Reguler Tidak Sehat?

Gula yang terutama diperoleh dari tebu itu mengandung kadar fruktosa yang cukup tinggi. Bahkan, gula ini sama sekali tak mempunyai nilai gizi.

Fakta Kesehatan Tentang Gula Kelapa

Gula kelapa mengandung nutrisi dalam jumlah yang tinggi. Rasanya memang seperti gula biasa, namun bedanya di dalam nutrisi yang terkandung.

Nutrisi dalam Gula Kelapa

  • Zat Besi : Gula kelapa organik mengandung zat besi yang bisa membantu produksi sel darah merah dan menjaga berbagai macam masalah seperti anemia.
  • Kalsium dan Kalium : Kalsium bisa memperbaiki tulang sementara kalium membantu mengatur tekanan darah.
  • Asam Lemak : Adanya asam lemak di dalam gula kelapa mampu membantu memperbaiki pergerakan usus dan dianggap baik dalam kesehatan usus besar.
  • Polifenol dan Antioksidan : Polifenol merupakan mikro nutrien yang mampu menjaga tubuh kita untuk menghadapi penyakit degeneratif seperti kanker. Tidak hanya itu saja, gula ini juga mengandung antioksidan yang mampu mengendalikan produksi radikal bebas di dalam tubuh, dan bisa juga melindungi dari penyakit seperti kanker.
  • Insulin : Insulin yang terkandung di dalam Gula Coco mampu membantu menurunkan resiko diabetes.

Secara keseluruhan, Anda mulai sekarang bisa mengganti gula reguler dengan gula kelapa, yang bisa membuat kesehatan tubuh menjadi kian baik. Masih belum yakin?

Gula Kelapa vs Gula Reguler

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gula biasa mengandung fruktosa yang mampu menyebabkan beragam penyakit seperti diabetes, sindrom metabolik, obesitas hingga penyakit kardiovaskular. Gula reguler juga tak mengandung gizi.

Di sisi lain, Gula Kelapa mengandung kadar fruktosa yang cukup, tidak berlebih disertai dengan nutrisi dan mineral yang sangat penting bagi tubuh.

Maka dari itu, jika disimpulkan, lebih baik mulai sekarang mengganti gula reguler dengan gula kelapa.

Yang pasti, gula aren tentu bukan makanan yang super, namun pastinya akan jauh lebih baik digunakan sebagai salah satu alternatif.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top